Fenomena Ayam Kampung Super di Tahun 2012

Mengapa kami menyebutnya fenomena?sesungguhnya apa yang terjadi dilapangan sehingga kami menyebutnya sebagai fenomena yang cukup janggal se... thumbnail 1 summary

Mengapa kami menyebutnya fenomena?sesungguhnya apa yang terjadi dilapangan sehingga kami menyebutnya sebagai fenomena yang cukup janggal sehingga menarik untuk kami ulas. Seperti pengalaman di tahun-tahun sebelumnya,bahwa harga daging ayam di kuartal I setiap awal tahun pasti jeblok, yaitu antara bulan januari-april biasanya mengalami deflasi harga yang cukup tajam dan memberikan efek jera terhadap para peternak. Contohnya di bulan maret tahun 2011 lalu, masih teringat dengan jelas harga komoditas peternakan turun tidak karuan, malah diimbangi dengan kenaikan harga pakan, hal

ini tercantum di tulisan kami tahun 2011 di link http://www.ayamkampungku.com/ternak-ayam-kampung-super yang menyatakan bahwa “Harga ayam terendah adalah Rp 18.000,-/kg (biasanya karena dampak permintaan turun, tahun 2011 terjadi di bulan januari-maret)“. Namun kenyataan di tahun 2012 ini harga daging ayam kampung melambung tinggi dan kekosongan stok terjadi hampir merata di setiap daerah. Ada apa gerangan??
Fenomena ayam kampung super memang banyak terjadi di berbagai daerah, mulai dari masalah bibit hingga sampai di hasil panenan. Karena informasi yang simpang siur acapkali membuat kita menjadi kebingungan. Sekarang ini Ayam Kampung Super sudah familiar di masyarakat, hampir semua restoran Ayam Goreng Kampung menggunakannya, terbukti dengan  menjamurnya restoran dengan menu utama Ayam Kampung. Kami ambil contoh di Yogyakarta saja, Rumah Makan Ayam goreng terkenal di kota gudeg ini yang berada di bilangan Janti telah lama menggunakan Ayam Kampung Super sebagai bahan bakunya, serta untuk pemenuhan cabang-cabang yang ada di Jakarta dan kota-kota besar lain selalu mengandalkan bahan baku utama Ayam Kampung Super.
Fakta dilapangan ternyata memang beberapa produsen DOC Ayam Kampung Super abal-abal nampak adanya, beberapa laporan dari peternak kami yang “nyoba-nyoba” DOC dengan harga yang cenderung lebih murah alih-alih untuk mendapatkan keuntungan berlipat namun malah gagal panen dan menelan pil pahit, yaitu karena ayam setelah berumur 2 bulan tidak kunjung besar namun konsumsi pakan banyak, badan relatif pendek dan bulu dominan berwarna coklat dan putih. Atau malah ada juga lagi peternak kami yang “nyoba-nyoba” lagi diiming-imingi harga yang jauh dibawah harga pasar, kepincut dan sudah melakukan pembayaran,setelah didatangi ke alamat yang tercantum ternyata itu cuma “ayu ting-ting” alias alamat palsu. Kebetulan pula alamat yang dibuat ternyata satu kota dengan kami, sempat dikira kong kali kong atau apalah itu namun semua usaha yang didasari dengan niat kurang baik pasti hasilnya juga tidak akan berjalan mulus. Syukur Alhamdulillah kasus-kasus penipuan sudah jarang terdengar lagi, sebaiknya kepada para netter pemula untuk lebih berhati-hati dan pastikan alamat yang ada di web tersebut benar adanya.
Fenomena yang akan kami ulas disini yaitu mengenai anomali harga yang terjadi di tahun 2012 ini, perang harga daging ayam kampung pun ramai terjadi di setiap pasar tradisional di berbagai kota besar, sampai-sampai banyak supliyer dari pusat negeri ini datang ke kota kami hanya karena stok dipasar daerah habis entah kemana, kami pun juga bingung karena sebagian besar peternak berasumsi bahwa harga di bulan januari-maret mengalami penurunan  maka mereka pasti mengurangi populasi ayam kampung di kandang, tapi apa mau dikata ternyata mayoritas berasumsi sama sehingga kekosongan stok daging pun nyata adanya. Aspek lain yang kami bisa paparkan yaitu adanya kasus flu burung di daerah jawa barat, sehingga banyak peternak meliburkan diri karena takut terjadi wabah namun setelah ada pengumunan resmi ternyata itu hanya “Suspect” yang secara ilmiah hanya mengartikan kemungkinan-kemungkinan yang belum pasti. Beberapa rekan kami mengatakan bahwa DOC Ayam Kampung yang terlambat produksi menjadi penyebabnya,karena saat itu banyak indukan yang mengalami stress akibat cuaca ekstrims di akhir tahun, beberapa penetas-penetas di daerah juga mengalami kerugian akibat stok telur yang minim akibat turunnya produksi telur ayam kampung.
Apakah fenomena ini pernah terjadi di masa lalu?kami akan mencari referensi dan sumber yang terpercaya,nantikan ulasan kami berikutnya mengenai perkembangan bisnis ayam kampung super. Sukses untuk kita semua.

Tidak ada komentar

Sponsor Advertisement