Kunci Sukses Ternak Ayam Jawa Super

Ayam Jawa Super  atau yang biasa disebut dengan istilah Ayam JOPER sudah sangat familiar di telinga kita, utamanya para pebisnis di ranah ay... thumbnail 1 summary
Ayam Jawa Super atau yang biasa disebut dengan istilah Ayam JOPER sudah sangat familiar di telinga kita, utamanya para pebisnis di ranah ayam buras. Telah diketahui bersama bahwa Ayam Jawa Super merupakan hasil persilangan ayam jawa atau ayam kampung yang memiliki kualitas genetik tinggi dan telah mengalamai pemuliabiakan sehingga performa pertumbuhannya lebih baik dari ayam jawa kebanyakan. Entah kenapa kebanyakan dari kita lebih sering menyebutnya dengan Ayam Jawa Super,atau mungkin karena orang jawa sangat sering menamakan sesuatu hal yang berada di jawa dengan akhiran kata “jawa”, seperti gula jawa,ayam jawa,bebek jawa,dan sesuatu hal lain yang berada di pulau jawa.
Pada tulisan kali ini kami akan membahas mengenai kunci sukses dalam beternak ayam jawa super. Telah banyak pengunjung yang meminta kepada kami untuk  menampilkan artikel yang membahas mengenai analisa usaha ternak ayam jawa super, semoga artikel kali ini dapat memuaskan para pecinta ternak ayam jawa super indonesia.  Dewasa ini Ayam Jawa Super menjadi peluang usaha baru yang sangat menggiurkan, karena permintaan daging ayam kampung meningkat secara signifikan. Akan tetapi dalam kenyataanya budidaya ternak ayam jawa menemui berbagai kendala,utamanya yaitu pertumbuhan yang cenderung lambat dan bobot yang tidak maksimal. Dengan berbagai teknologi ternak terbaru, kini hadir ayam jawa super yang secara nyata mampu memperpendek masa pemeliharaan panen,yaitu hanya 55-60hari.
Waktu panen yang relatif cepat pada ayam jawa super memberikan keuntungan yang cukup tinggi diantaranya tingkat kematian yang relatif kecil, penghematan biaya pemeliharaan dan pakan.  Ayam Jawa super merupakan hasil persilangan terbaru yang melibatkan teknologi pemuliabiakan ternak terbaru sehingga didapatkan pertumbuhan yang cepat dan memiliki karakteristik daging dan bentuk ayam jawa.
Harga jual ayam jawa super lebih tinggi dibandingkan dengan ayam Ras, harga berkisar antara 19rb-23rb menurut riset pasar selama tahun 2010-2012. Penentu harga ayam kampung tetap mengikuti kaidah hukum ekonomi yaitu keadaan pasar, penawaran dan permintaan.
Tehnik Pemeliharaan ayam Jawa Super relatif mudah dan simpel, kandang yang dibutuhkan tidaklah harus dibuat dengan biaya tinggi. Prinsipnya yaitu kandang kering, alas tidak basah dan lembab,sirkulasi cukup dan usahakan kandang dengan tipe postal/lantai semen. Cocok untuk usaha sampingan yang memiliki pekerjaan utama yang lain, pemberian pakan pagi dan sore disesuaikan sesuai kebutuhan. Vitamin, obat-obatan, dan vaksinasi juga perlu untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan mencegah penyakit.
Analisa Usaha Ternak Ayam Jawa Super
Berikut analisa usaha ternak Ayam Jawa Super per 500 ekor, rekomendasi pemeliharaan min 500 ekor karena tenaga yang digunakan untuk memelihara 100 dan 500 ekor tidak jauh berbeda,jadi alangkah lebih baik langsung 500 ekor agar untung juga bisa lebih terasa.
A. Biaya Operasional
NoKeteranganHarga SatuanJumlah UnitJumlah
1Pembelian bibit Ayam Jawa superRp. 4.200500 ekorRp. 2.100.000
2PakanRp. 255.00020 SakRp. 5.100.000
3Vitamin dan VaksinRp. 150.000Rp. 150.000
JumlahRp 7.350.000,-
B. Hasil
Angka kematian standar berkisar antara 5-10%, ambil saja 20 ekor mengalami kematian, maka pada saat panen jumlahnya 480 ekor dengan berat rata-rata 0,9kg atau 9 ons.
Harga ayam terendah adalah Rp 19.000,-/kg (biasanya karena dampak permintaan turun, tahun 2011 terjadi di bulan januari-maret). Fluktuasi harga antara Rp 19.000,- s.d Rp. 25.000,- per kilogram (kg).
NoKeteranganHargaJumlah KiloJumlah Uang
1Penjualan AyamRp 20.000/kg0.95kg x 480 = 456 kg9.120.000
JumlahRp 9.120.000,-
Keuntungan  = Pemasukan-Pengeluaran
 = Rp 9.120.000-Rp.7.350.000
 = Rp. 1.770.000
Data yang kami berikan berdasarkan harga pasar terbaru dan terupdate bulan ini (Januari 2011) di kota Yogyakarta, di tempat lain disesuaikan.
Demikian beberapa gambaran mengenai prospek usaha ternak ayam jawa super, semoga dapat bermanfaat dan salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada komentar

Sponsor Advertisement