JENIS BURUNG PUYUH BUDI DAYA DI INDONESIA

        Coturnix japonica Burung puyuh termasuk dalam class Aves, ordo Galliformes, famili Phasianide, genus Cotur... thumbnail 1 summary

        Coturnix japonica
Burung puyuh termasuk dalam class Aves, ordo Galliformes, famili Phasianide, genus Coturnix dan species Coturnix coturnix (Nugroho dan Mayun, 1990).Burung puyuh yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah jenis Coturnix coturnix japonica yang berasal dari Jepang sehingga sering disebut dengan Japanese Quail (Rasyaf, 2002).

Karakteristik dari jenis Coturnix coturnix japonica adalah:
Bentuk badannya lebih besar disbanding burung puyuh lain, panjang badan sekitar 19 cm, badan bulat, ekor pendek, paruh lebih pendek & kuat, jari kakinya empat buah (3 kedepan dan 1 kebelakan) dengan warna kaki kekuningan.

Pertumbuhan bulu lengkap pada umur 2-3 minggu
Puyuh jantan dewasa: bulu pada kepala dan diatas mata pada bagian alis berwarna putih; bulu punggung berwarna campuran coklat gelap, abu-abu, dengan garis putih;bulu daerah kerongkongan bervariasi dari warna coklat muda sampai coklat kehitaman; bulu dada berarna merah sawo matang tanpa warna belang.

Puyuh betina dewasa : warna sama dengan jantan, kecuali bulu dadanya berwarna merah sawo matang dengan garis-garis atau belang kehitaman. Suara yang jantan dewasa lebih keras, sepanjang malam hamper bersuara.
Berat badan puyuh betina dewasa kira-kira 143 gram dan jantan dewasa 117 gram.

Sponsor Advertisement