Cara Menentukan Puyuh Jantan dan Betina pada Umur 1 Hari Saat Menetas

Menentukan jenis kelamin puyuh pada umur satu tentu sangatlah penting. Untuk nanti dipilah mana puyuh betina untuk petelur, dan yang puyuh ... thumbnail 1 summary
Menentukan jenis kelamin puyuh pada umur satu tentu sangatlah penting. Untuk nanti dipilah mana puyuh betina untuk petelur, dan yang puyuh jantan. Beberapa diskusi di komentar-komentar mengenai hal ini sangatlah menarik untuk disimak. Bahkan untuk saya malah semakin menegaskan saya sebagai peternak puyuh.
Mengenai cara menentukan jenis kelamin ini, saya ambil dari komentar Bp Puyuh Jepang.
Sebagai berikut:

BAGAIMANA SEBENARNYA MENENTUKAN JENIS KELAMIN PUYUH UMUR SATU HARI SAAT MENETAS ???????
Mitos bahwa bulu hitam puyuh berkelamin jantan bisa diterangkan secara logis dan ilmiah. Zat pewarna rambut/bulu disebut sebagai melanin. Senyawa itu diproduksi di bagian pangkal rambut/bulu yang terpendam dalam lapisan epidermis kulit.

Berdasarkan sifat kimianya, melanin dibedakan menjadi dua macam. Yaitu eumelanin dan phaeomelanin. Eumelanin berbentuk bola, mampu menyerap banyak cahaya serta bertugas memberi warna hitam rambut/bulu.
Sedangkan phaeomelanin wujudnya memanjang, bersifat memantulkan cahaya dan berkewajiban memberi warna merah, jingga atau kuning pada rambut/bulu. Kandungan melanin dalam jaringan rambut diatur oleh materi yang bernaman gen. Benda tak kasat mata ini mengatur kerja enzim yang bertugas mensintesis melanin. Warna bulu hitam ditentukan oleh sebuah gen dominan yang disimbolkan dengan abjad “H” (hitam).

Gen tersebut selalu terpaut dengan kromosom Z. Sedangkan warna bulu cokelat adalah bentuk resesif dari warna Hitam “h”. Kromosom W yang bertugas menentukan jenis kelamin jantan tidak bersifat membawa terhadap gen H maupun h tadi.
Dalam keadaan normal, puyuh jepang bersifat diploid (2n) ada 78 kromosom. Artinya sel tubuh (somatis) mahluk hidup itu memiliki 38 sepasang kromosom. Sedangkan sel kelamin (seksual) hanya memiliki 1 pasang kromosom (Z) atau (W) alias haploid (n). Jenis kelamin diatur oleh sepasang kromosom sex. Individu jantan punya sepasang kromosom Z (Z Z) disebut individu homogametik. Sedangkan individu betina memiliki dua jenis kromosom Z dan W (Z W) disebut individu heterogametik.

Pada saat pembentukan sel kelamin, pasangan kromosom tersebut saling memisahkan diri. Peristiwa seperti ini disebut sebagai meiosis.
Seekor puyuh jantan berbulu hitam jika ia memiliki 2 buah kromosom (pasangan gen) Z, 1 buah alel H dan 1 buah alel h bisa juga 2 buah alel H. Jika alel-alel tersebut dirangkai maka akan membentuk sebuah gen heterozigot dengan rumus (ZH Zh) dan homozigot (ZH ZH). Sedangkan seekor puyuh jepang memiliki genotype Zh Zh (homozigot resesif) berarti jantan bulu cokelat. Puyuh betina berwarna bulu hitam memiliki rumus genotype ZH W dan berbulu cokelat dengan genotype Zh W.

Jika Anda ingin menginginkan puyuh jantan hitam dan betina cokelat, resepnya gampang koq. Anda tinggal menyilangkan puyuh betina berbulu hitam (ZH W) dengan puyuh jantan berbulu cokelat (Zh Zh). persilangan sebagai berikut:
Induk                     : Puyuh Jantan cokelat Puyuh Betina Hitam Zh Zh X ZH W
Anak                      : ZH Zh = Jantan hitam Zh W = Betina Cokelat
Kesimpulan             : dapat dibedakan jantan dan betina saat menetas
Jika perkawinan lain akan didapat sebagai berikut:
Induk                     : Puyuh Jantan cokelat Puyuh Betina cokelat Zh Zh X Zh W
Anak                      : Zh Zh = Jantan cokelat Zh W = Betina Cokelat
Kesimpulan             : tidak dapat dibedakan jantan dan betina semua berbulu cokelat
Jika perkawinan lain akan didapat sebagai berikut:
Induk                     : Puyuh Jantan hitam Puyuh Betina cokelat ZH Zh X Zh W
Anak                      : Zh Zh = Jantan cokelat ZH Zh = Jantan Hitam Zh W = Betina Cokelat ZH W = Betina Hitam
Kesimpulan            : tidak dapat dibedakan jantan dan betina. Bulu cokelat ada jantan dan betina, bulu hitam      ada jantan dan betina.

Phenomena ini disebut adanya gen atau pasangan gen yang terpaut seks kromosom, hal ini bisa terjadi pada ayam ras, ayam arab dan ayam barred Plymouth rock. Kurang Jelas hubungi 02140236855. sekian dulu terima kasih kelak kita sambung lagi.

Tidak ada komentar

Sponsor Advertisement